17 Desember 2013

- - 2 comments

Bagaimana Google Menentukan Pagerank

Beberapa hari ini saya gugling mencari tahu bagaimana Google menentukan Pagerank bagi situs-situs yang ada di internet. Hasil ada banyak blog yang berusaha menelaah 200 variable pagerank yang konon sempat dilontarkan Matt Cutts, bos bagian pencarian dan SPAM di Google.

Matt Cutts sendiri dalam salah satu artikelnya menyatakan bahwa kecepatan akses situs menentukan peringkat pencarian. Tapi di tulisan itu menurut saya tidak ada kalimat tersirat bahwa kecepatan jadi salah satu penentu pagerank. Lagipula itu artikel tahun 2010.

Berikutnya ada artikel analisis dengan pendekatan matematis tentang cara Google menentukan pagerank. Kata artikel di situ, tiap halaman situs/blog ada peringkatnya masing-masing. Jadi, mungkin ada situs yang isinya cuma satu halaman tapi mendapat pagerank 2, sementara ada situs berisi 100 artikel tidak mendapat pagerank. Tapi itu artikel tahun 2011 jadi sepertinya sudah kadaluwarsa mengingat algoritma Google tahun ini berkode Hummingbird, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Kepercayaan Google adalah Jaminan Kita
Ilustrasi belum tentu cocok dengan topik artikel.

Terakhir ada artikel menarik yang berisi infografik 200 variabel pagerank dan dibuat bulan Mei 2013. Ini sepertinya lebih aptodet dibanding yang dua sebelumnya. Isinya variabel tersebut antara lain: usia domain, sejarah domain, tag, kepadatan kata kunci, kecepatan, dll.

Akan tetapi, menurut saya walau Google secara transparan mengakui penggunaan 200 variabel tadi, tetap saja pada penerapannya tak seorang pun tahu persisnya kecuali orang Google. Banyak orang (tampaknya) terobsesi untuk mendapat PR™ (baca:PageRank) dan rasanya tak baik juga karena kalau terlalu fokus ke situ, konten situs yang (menurut Google sendiri) semestinya menjadi raja mungkin jadi kurang diperhatikan.

Bagi Anda yang tertarik silakan klik-klik tautan-tautan di atas. Saya cuma mau berbagi hasil gugling saja yang penting ada apdet terbaru.

2 komentar:

  1. Saya tak terlalu mempedulikan PR. Yg penting bagi saya kunjungan blog bisa banyak. Itu aja sih... Kl tau2 dpt PR itu rezeki tambahan..hehe

    BalasHapus
  2. Yoi gan... ane sih sementara ini yg penting konsisten mengisi dengan konten yg mungkin berguna aja. Kalau ada bonus trepik atau PR ya lumayan :D

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak