26 November 2014

- - Beri respon

Setelah Skateboard ada Longboard

Longboard adalah jenis skateboard dengan papan jauh lebih panjang. Jenis ini lebih stabil dan bisa meluncur lebih kencang dibanding yang biasa. Umumnya digunakan sebagai transportasi jarak dekat seperti di kampus-kampus AS. Umumnya hanya digunakan untuk berselancar santai menelusuri jalan raya atau trotoar.

Downhill longboard
Longboard biasanya untuk balap di turunan. (Reddit)
Tapi, ada juga lomba untuk longboard, yaitu lomba menuruni jalan raya di pegunungan (downhill) atau slalom. Perbedaan mendasar antara longboard dengan skateboard normal hanya terletak pada bentuk dan ukurannya. Tidak ada standar resmi panjang longboard, namun biasanya mempunyai panjang 91-150 cm.

Untuk menghasilkan kecepatan yang cukup tinggi, roda-roda dibuat lebih besar dari biasanya (60 mm). Besarnya roda juga berpengaruh pada kenyamanan saat melintasi jalan yang tidak rata. Roda longboard punya durameter (kekenyalan) ban berbeda dari skateboard, meskipun menggunakan bahan yang sama. Untuk lager (bearing) tersedia dua pilihan utama, yakni dari baja dan keramik. Lager dari baja diperuntukkan bagi skateboarder biasa.

Lager keramik didesain untuk lomba dan mampu menghasilkan kecepatan lebih tinggi. Hal ini karena permukaan keramik lebih halus dan ringan dibanding baja. Di samping itu, keramik terkenal tahan panas, sehingga sangat ideal dipakai dalam lomba jenis downhill.



0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak