11 Juni 2012

- -

Menambang Data Meningkatkan Lalu Lintas Pembaca di Blog Anda

Satu lagi artikel soal SEO (Search Engine Optimization) atau bisa ditamsilkan sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan mesin mencari. Ini hanyalah salah satu cara berguna untuk mengembangkan sebuah blog atau situs. Ketika pembaca dapat menemukan situs Anda lebih mudah di mesin pencari, dengan sendirinya lalu lintas di situs kita meningkat lebih cepat. Bila memiliki pembaca yang cukup banyak (seperti blog ini), Anda dapat memperluas lagi dan mulai berupaya mendapatkan sponsor untuk menghasilkan uang dari jerih payah blogging.


Mengarahkan lalu lintas SEO bagi situs Anda mungkin tampak rumit atau membingungkan pada awalnya, khususnya jika belum pernah memahami atau mencoba sebelumnya. Jika Anda seorang blogger baru, jangan frustrasi lantaran pengunjung tak datang-datang menengok situs Anda. Dengan belajar beberapa trik mudah untuk memasarkan situs, Anda dapat menjaring pembaca baru dalam waktu singkat.

Ada sebuah istilah terkenal yang asalnya dari istilah database, yaitu data mining (penambangan/penggalian data). Jadi, bila daftar situs-situs yang ada di dunia diibaratkan database, data mining adalah penggalian data melalui pencarian yang spesifik dalam mesin mencari. Dengan menggunakan gagasan data mining, Anda dapat membuat kata kunci yang dapat mendorong pembaca tertarik masuk situs seperti milik Anda dan membangun kata kunci untuk membawa pembaca baru ke situs Anda.

Data mining di SEO pada dasarnya adalah proses untuk mencari tahu apakah kata kunci paling menguntungkan situs Anda. Hal ini membantu mesin untuk menemukan pola-pola pencarian yang mengarahkan pembaca ke blog Anda.

Lalu Lintas Makna

Ketika memulai, Anda mungkin hanya memikirkan soal mencari angka pengunjung. Anda ingin orang mengunjungi situs Anda, dan tidak begitu peduli siapa mereka atau mengapa mereka datang. Di level ini orang biasanya melakukan tipuan-tipuan apa saja untuk menjaring pembaca. Mungkin judul dibuat heboh, isi tidak sama dengan judul, dsb. Namun, jika Anda berencana membangun sebuah blog yang terkemuka, punya reputasi baik, sembari menghasilkan pendapatan sampingan, ada perbedaan penting antara sekadar mendapatkan angka dengan mendapatkan orang-orang yang benar-benar ingin membaca blog dan bahkan berinteraksi dengan Anda.

Gampangnya begini: Anda bisa memasukkan sekumpulan kata kunci di situs dan menarik banyak orang awalnya, tetapi jika mereka tidak benar-benar tertarik pada materi yang ada atau bisa dibilang terjebak masuk karena kata kunci, mereka mungkin tak akan tinggal lama alih-alih berkunjung lagi. Jika ingin mencari angka, mungkin Anda bisa mencontoh berbagai situs yang menghalalkan trik-trik apapun untuk menjaring pembaca. Akan tetapi, hal seperti itu tidak langgeng. OK, banyak orang akan terjebak masuk, tapi kecil kemungkinannya situs Anda akan dikunjungi kembali dengan sengaja, suka rela, lantaran isinya tak sesuai dengan yang dicari. Membuat orang datang kembali memang lebih sulit, tapi dengan lalu lintas yang terbangun dengan reputasi yang baik, Anda akan lebih nyaman membangun pondasi ke arah komersialisasi blog.

Sumber: Daily SEO Tip
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak