26 November 2010

- - 5 comments

Cara Munculkan Situs di Halaman Pertama Hasil Pencarian Google™


Menjadi situs terpercaya adalah penting untuk mendongkrak peringkat di mesin pencari  seperti Google™ atau yang baru muncul dalam versi beta: Blekko™. Kembangkan reputasi yang baik sebab itu bakal memengaruhi posisinya di hasil pencarian. Jika ingin melihat situs Anda selalu muncul di halaman hasil pertama Google™, pastikan bahwa si mesin pencari mempercayai situs Anda seperti blog ini.

Memang, bila kita kita lihat situs-situs yang tampil di halaman pertama, ada saja situs tipuan yang ketika dibuka ternyata "tidak ada isinya". Kendati begitu, mesin pencari punya mekanisme buat menghukum situs seperti itu (kabarnya). Situs bohong-bohongan tidak akan bertahan lama di halaman muka. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan bahwa situs Anda dapat dipercaya seperti blog ini:

1. Dapatkan tautan balik dari situs-situs penyebar benih
Situs penyebar benih (seed site) adalah situs yang secara manual ditandai sebagai terpercaya oleh pengelola mesin pencari. Sebagai contoh, jika Apple.com telah dipilih sebagai situs benih oleh Google™, maka tautan (link) yang berasal dari Apple.com akan berdampak positif pada TrustRank sebuah situs web yang ditautnya..

Bagaimana caranya ditaut dari situs benih? Wah, itu tentu saja sangat sulit, kecuali mungkin situs Anda adalah salah satu partnernya. Untungnya, situs yang ditaut dari situs benih juga memiliki ikut terkena dampak positif. Misalnya, jika Apple.com menaut situs2.com, situs2.com lalu menaut situs3.com, dan situs3.com menaut ke situs Anda,  maka Anda masih akan mendapatkan TrustRank bagus.

2. Dapatkan tautan dari situs terkait
Apakah situs Anda sudah mendapat tautan dari situs web sejenis (semisal blog) dan apakah dari situs Anda menaut ke yang lainnya?

Apakah situs Anda seperti berada di sebuah pulau terpencil tanpa berhubungan ke situs lain atau terintegrasi dalam jaringan yang berhubungan dengan topik tertentu? Kalau belum, ada baiknya situs Anda bergabung dalam jaringan situs (dengan pemilik yang berbeda-beda). Ini juga akan menaikkan ranking.

3. Jangan menaut situs spam
Hindari menaut ke situs yang kualitasnya meragukan atau cenderung menipu. Jika Anda menaut ke situs tersebut, Anda secara tak langsung menunjukkan mesin pencari bahwa Anda mendukung mereka dan karenanya situs Anda otomatis menjadi kurang terpercaya.

5. Dapatkan tautan dari jejaring sosial (social network)
Semakin sering situs Anda ditaut, makin besar peluangnya bahwa situs Anda dianggap berkualitas dan dapat dipercaya.

6. Tawarkan lebih dari hanya beberapa halaman
Sebuah situs yang hanya terdiri dari satu halaman tak akan dianggap sebagai situs betulan. Mesin pencari ingin menunjukkan situs web bagus dengan konten yang bagus dalam hasil pencarian. Jika situs Anda memiliki banyak halaman yang berisi konten bagus dan terbagi dalam topik-topik tertentu, TrustRank akan menguat dengan sendirinya seperti blog ini.

Sumber: Axandra

5 komentar:

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak