26 Januari 2011

- - 2 comments

Google Bakal Lebih Giat Memerangi Situs Spam, Situs Klon, dan lain-lain

Ada kabar bagus buat blog atau situs serius yang selama ini menjadi korban blog-blog penipu. Itu lho, yang suka memancing orang mengunjungi situsnya tapi ternyata "tidak ada" isinya. Beberapa hari yang lalu Google membuat pengumuman resmi bahwa mereka akan memerangi situs spam lebih giat lagi dari sebelumnya.


Coba simak pernyataan resmi berikut:
  "We're evaluating multiple changes that should help drive spam levels even lower, including one change that primarily affects sites that copy others' content and sites with low levels of original content.
  We'll continue to explore ways to reduce spam, including new ways for users to give more explicit feedback about spammy and low-quality sites."
Terjemahan versi saya kurang lebih begini:

"Kami sedang mengevaluasi beberapa perubahan yang mestinya bakal membantu menurunkan tingkat spam menjadi lebih rendah, termasuk situs-situs yang menyalin konten orang lain (copas tanpa menyebut sumber) dan situs yang kualitas keasliannya rendah.

Kami akan terus mengeksplorasi cara mengurangi spam, termasuk cara-cara baru bagi pengguna dalam memberi umpan balik secara lebih eksplisit mengenai situs spam dan yang kualitasnya rendah."

Nah loh. Apa yang sebenarnya akan Google lakukan? Apakah mereka akan menganggap situs Anda spam? Berikut ini 3 poin tentang apa yang dimaksud Google:

1. Google mungkin menurunkan ranking situs peternak (farm site)
Maksudnya situs dengan konten berkualitas rendah yang dibuat hanya untuk mendapatkan klik AdSense. Jika keberadaan situs hanya bertujuan untuk menampilkan dan mencari klik penghasilan dari AdSense, peringkat di Google situs Anda mungkin bakal anjlok. Google dengan tegas menyatakan bahwa pemasang iklan AdSense pun tak akan lolos dari jeratan aturan barunya. Blog ini tidak termasuk.

2. Google mungkin mengijinkan Anda menandai situs spam
Dalam sebuah diskusi online ada user bertanya tentang kemungkinan untuk membuat blacklist domain pribadi di akun Google. Pengguna mungkin akan diberi pilihan menghapus situs dari hasil pencarian kita sendiri. Matt Cutts, salah satu petinggi Google, menyiratkan bahwa hal ini mungkin bakal diimplementasikan dalam waktu dekat:

"We've definitely discussed this. Our policy in search quality is not to pre-announce things before they launch. If we offer an experiment along those lines, I'll be among the first to show up here and let people know about it."
Silakan ditafsir sendiri deh. Blog ini tidak termasuk kayaknya.

3. Situs klon (kembaran) akan lebih sulit mendapat peringkat tinggi
Banyak pelaku spam mengklon isi situsnya untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci yang mereka inginkan. Sebagai contoh, pernah ada beberapa orang yang mencopas isi Google Groups dan ternyata malah mendapat peringkat lebih tinggi dari aslinya di hasil pencarian Google. Blog ini bukan copas jadi aman dikunjungi.

Lalu, apa yang mesti kita lakukan untuk memastikan bahwa situs atau blog kita tidak akan diturunkan peringkatnya?

Jika situs Anda berisi konten yang normal, teratur, tidak neko-neko, semestinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selama situs kita berisi konten yang baik, cukup berkualitas, Google akan memberi peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Intinya adalah kembali ke etika umum saja. Mendapat penghasilan fantastis di internet dengan cara-cara tidak etis dan instan sepertinya memang tidak akan langgeng.

2 komentar:

  1. WAh...setuju saya sama Om google...

    tapi, jadi rada dagdigdug juga nih saya..he..he....takutnya blog saya disangka spam lagi..he..he..

    terimakasih banyak atas informasinya...... :D

    BalasHapus
  2. hahahaha.... yoi bro ngeri juga nih

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak