13 November 2014

- - Beri respon

Kristal ini Membuat Manusia Bernapas dalam Air

Salah satu impian manusia, selain hidup mengembara di antariksa, adalah bisa bernapas dalam air. Kini, sekelompok ilmuwan mencipta materi yang bisa membuat manusia bernapas dalam air betulan. Materi tersebut dinamai "Aquaman Crystal" atau kristal manusia air.
Model foto dalam air
Model foto dalam air mungkin nantinya bisa tahan lama dalam air.
Materi berbahan dasar kristal tersebut adalah temuan para ilmuwan dari University of Southern Denmark, yang berfungsi untuk menyerap oksigen dari lingkungan sekitarnya serta mampu sehingga bisa dipai oleh manusia. Materi sintetis itu dibuat oleh Profesor Christine McKenzie dan mahasiswa doktoral Jonas Sundberg.

"Aquaman Crystal" memiliki kemampuan menyerap oksigen dari campuran kobalt, yang adalah komponen utama dari materi dengan molekul dan struktur elektronik baru ini.

Menurut para peneliti, dengan 10 liter saja, dia bisa menyerap semua oksigen di dalam ruangan, sementara salah satu fitur paling menakjubkan adalah kemampuan menyerap dan melepaskan oksigen beberapa kali tanpa kehilangan sifat-sifat molekulernya.

"Ini seperti mencelupkan spons ke dalam air, memeras air keluar dan mengulangi proses berkali-kali," catat McKenzie.

Jadi, ketimbang menggunakan tangki oksigen besar, penyelam nantinya hanya perlu sedikit materi kristal ini untuk bisa bernapas di bawah air.

"Beberapa butir saja mengandung cukup oksigen untuk satu kali napas. Bahan ini juga dapat menyerap oksigen dari air di sekitar penyelam dan menyuplainya dengan itu, penyelam tidak perlu membawa lebih dari ini beberapa butir," jelas profesor McKenzie.

via: Unitersity of Southern Denmark

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak