27 Januari 2011

- - 13 comments

8 Kemungkinan Kenapa Situs / Blog Anda Jarang Dikunjungi / Dihindari

Semua pemilik situs atau blog pasti ingin situs atau blognya punya pengunjung tetap dalam jumlah cukup banyak. Eh, mungkin tidak semua, siapa tahu ada yang sengaja membuat blog untuk dirinya sendiri. Tapi, keinginan itu tak selalu terwujud. Untuk apa susah-susah menulis kalau tidak ada yang sudi membaca? Berikut ini ada 7 alasan yang mungkin membuat situs Anda jarang dikunjungi.


1. Isi posting tidak menarik
Membaca posting blog ibarat membaca buku komik atau novel. Isi yang tidak menarik atau penulisan yang buruk mungkin menjadi alasan mengapa orang tak kembali ke blog Anda. Kalau posting kurang greget pembaca Anda bisa kehilangan minat untuk kembali. Ingat, kesan pertama begitu berharga, selanjutnya terserah Anda. *kok kayak iklan apa itu*

2. Isi posting gampang basi atau kurang unik
Blog bisa dianalogikan sebagai majalah barangkali. Konten Sebuah blog mestinya berisi informasi yang segar dan (bila sempat) diperbarui secara teratur untuk menjaga minat baca. Banyak pengguna internet mengunjungi blog karena ingin informasi yang unik dan bisa memberi wawasan baru. Posting yang kontroversial atau heboh menurut pengamatan saya gampang menarik minat orang, setidaknya orang Indonesia.

3. Tata letak berantakan
situs yang berisi terlalu banyak iklan dengan konten tak teratur mungkin akan membuat orang menghindari blog Anda. Pertama kali berkunjung mungkin hanya karena mereka tertarik judul posting, tapi setelah itu tidak meninggalkan kesan yang baik. Orang pada umumnya suka daya tarik visual dan desain yang keren. Maka, situs yang acak-acakan mungkin malah mengusir, bukan menarik pengunjung.

4. Kolom komentar ditiadakan atau susah diakses
Kada orang ingin berkomunikasi dengan penulis blog melalui kolom komentar. Bila dinonaktifkan, Anda kehilangan kesempatan mendapat lalu-lintas (traffic) serta tautan potensial yang dapat meningkatkan kualitas SEO situs Anda. Komentar adalah salah satu cara memperluas jaringan. Sebab, pembaca (khususnya blogger) kadang ingin berinteraksi, meninggalkan jejak tautan, atau sekadar menyapa.

5. Posting konten palsu
Banyak blog yang terang-terangan membuat posting yang tidak sesuai dengan judul, tidak jujur. Hal semacam itu mungkin awalnya bisa mendatangkan banyak pengunjung, namun orang berkunjung untuk mendapat sesuatu. Kalau sesuatu itu tidak didapatnya, lain kali mereka tidak akan kembali (kecuali mungkin pengguna internet pemula).

6. Tidak menanggapi komentar
Ada blogger yang lebih fokus sekadar pada posting. Luangkan waktu untuk menjawab pertanyaan pembaca Anda. Selain blog menjadi lebih hidup , hal itu juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung dan pada gilirannya mereka mungkin akan menjadi pengunjung tetap.

7. Terlalu fokus pada keuntungan (duit)
Sebagian blogger jaman sekarang tampaknya memang lebih berorientasi pada uang, mencari pendapatan dari membuat posting. Kultur ngeblog saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Sebetulnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun, blogger pebisnis yang terlalu ngotot mengejar profit kemungkinan, cepat atau lambat, akan kelelahan sendiri.

8. Tidak mengikuti teknik SEO
Strategi dengan SEO saat ini sudah menjamur. Teknik optimasi untuk pencarian di Google ini sudah jamak digunakan di situs-situs besar maupun blog. Bila Anda belum melakukannya, cepat-cepatlah belajar tentang bagaimana meningkatkan lalu-lintas situs.

13 komentar:

  1. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. ok mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  3. terimakasih sob buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  4. keren mas buat infonya da semoga bermanfaat

    BalasHapus
  5. bagus sob artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  6. makasih gan buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  7. ok sob infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  8. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. bagus bos artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  10. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  11. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  12. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  13. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak