08 Desember 2010

- - 1 comment

Robot Catur dan Karya Seni yang Terbuat Dari Bata-bata LEGO

Desainer veteran robot LEGO™, Steve Hassenplug belum puas dengan karya-karya yang telah diciptakannya. Dia masih terus ingin mencipta sesuatu yang lebih hebat lagi, yaitu dengan Lego tentunya. Nah, saat sedang menyaksikan film pertama Harry Potter anaknya, di adegan papan catur sihir itu lho, dia lalu mendapat inspirasi. Maka, dibuatlah rancangan papan dan bidak catur raksasa, yang menghabiskan lebih dari 100.000 keping Lego!

Bersama tiga orang rekannya, John Brost, Ron McRae, dan Bryan Bonahoom mereka memulai proyek dari pembuatan papan caturnya. Supaya menghemat pengeluaran, mereka membujuk Lego untuk menyediakan seluruh komponen gratis, sebagai sponsor. Kemudian, Hassenplug merancang bidak robot beroda dari kit robot Lego Mindstorms yang nantinya dibentuk dengan Lego.

Inilah hasilnya:




Sebagai mainan yang tergolong edukatif, Lego memang tak hanya disukai oleh anak-anak. Banyak orang tetap menggemari atau bahkan terobsesi dengan mainan balok-balok rancang bangun ini ketika sudah dewasa. Anda juga bisa membuat sendiri catur dengan Lego atau membeli yang sudah jadi seperti berikut:



Bahkan, ada orang yang tadinya berprofesi sebagai pengacara terkenal dengan gaji enam digit (dolar AS) lalu beralih profesi sebagi seniman Lego profesional. Namanya Nathan Sawaya, seniman dadakan yang sudah menghasilkan banyak karya dan mengadakan pameran di berbagai tempat. Dia mungkin contoh pas untuk menggambarkan bahwa orang yang tekun bisa berbuat lebih dari yang dia kira. Berikut ini beberapa karyanya:







1 komentar:

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak