18 November 2010

- - Beri respon

Lima Pemenang GE Award Untuk Teknologi Listrik Ramah Lingkungan

Bulan Juli lalu, General Electric (GE) bersama beberapa perusahaan mitra meluncurkan tantangan senilai 200 juta dolar AS untuk mencari inovasi, terobososan, dan ide-ide baru teknologi listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dan kemarin, 17 November 2010, GE telah mengumumkan lima pemenang penghargaan inovasi tersebut. Tiap pemenang berhak atas hadiah 100 ribu dolar untuk lebih lanjut mengembangkan ide-ide mereka.

Lima pemenang yang diumumkan itu dinilai telah berhasil memberi berkontribusi untuk terciptanya teknologi kelistrikan yang lebih cerdas, bersih, serta efisien. Mereka dipilih oleh panel juri independen, termasuk di antaranya editor majalah Wired, Chris Anderson, jajaran eksekutif GE, serta akademisi dan teknokrat terkemuka.

Kelima pemenang penghargaan Inovation Challenge adalah:

1. Capstone Metering: Intelligent Water Meter (Carrollton, Texas): Capstone Metering menerapkan teknologi meteran air jarak jauh. IntelliH2O, nama produk tersebut, adalah sistem manajemen meteran air mandiri, yang dapat membantu melestarikan air dan menghilangkan kebutuhan untuk pembacaan meteran secara manual.

2. ElectricRoute: Secure Communications Network for the Electric Grid (Salem dan Hollis, New Hampshire): Perusahaan membuat jalur komunikasi gateway untuk sistem transmisi dan distribusi. Perusahaan ini membuat jalur komunikasi untuk sistem transmisi dan distribusi listrik. Keberadaan infrastruktur jaringan komunikasi ini menghilangkan duplikasi sensor serta menghemat ribuan jalur kabel tembaga dalam gardu.

3. GridON: Controlling Power Quality in Electric Grids (Givatayim, Israel): GridON membuat fault-current-limiter (FCL) untuk melindungi jaringan listrik dari gangguan dan pemadaman.

4. IceCode: Wind Turbine Blade Anti-Icing and De-Icing  (Lebanon Barat): Teknologi ini berguna untuk mencairkan es dari turbin angin pembangkit listrik. Turbin angin yang menggunakan teknologi ini secara substansial mengurangi jumlah energi yang digunakan untuk melelehkan es serta meniadakan periode waktu tak beroperasi (downtime) selama pembersihan dari es dan juga inspeksi.

5. WinFlex: Inflatable Wind Turbines (Kiryat Yam, Israel): WinFlex menghasilkan rotor untuk turbin angin ringan, dari bahan lembaran fleksibel dan murah yang terbuat dari bahan komposit. Desain rotor fleksibel ini mengurangi biaya instalasi setidaknya hingga 50 persen dan karenanya waktu pengembalian investasi menjadi lebih pendek.

Sumber: Environmental Leader

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak