16 November 2010

- - Beri respon

Bus Tingkat Double-Decker Baru Siap Beroperasi Kembali 2012


London punya beragam ikon, salah satunya adalah bus tingkat berwarna merah (double-decker), dan kini bus yang film serinya sempat populer di Indonesia itu siap meluncurkan generasi baru lagi di jalan raya.

Walikota London, Boris Johnson, memperkenalkan, mock-up generasi terbaru bus tingkat merah dengan ukuran sebenarnya, pekan lalu. Tentunya dengan disertai fitur teknologi terkini dan ramah lingkungan, selain beberapa sentuhan desain yang menakjubkan.


Apa saja kehebatannya? Misalnya ini, bus tersebut bakal menghasilkan gas rumah kaca (CO2) 40% lebih sedikit dari aslinya, yang hingga kini masih digunakan pada beberapa rute. Seperti aslinya, mesin dari bus-bus baru ini tetap di belakang, ada dua tangga, serta dua set pintu untuk kecepatan dan kemudahan akses bagi penumpang untuk naik-turun.


Desainnya meniru beberapa fitur dari bus merah dobel legendaris kota London tentunya. Kabarnya bus-bus itu bakal mulai beroperasi pada 2012. Bus yang dikenal dengan nama The Routemaster itu aslinya diperkenalkan pada 1956 dan sebagian masih digunakan melalui rute bersejarah kota London, setelah tak lagi boleh menggunakan rute umum pada 2005 lalu.

Namun, keberadaan reinkarnasi bus yang melegenda ini bukan kontroversi. Para kritikus mengatakan bahwa redesain double-decker memakan waktu terlalu lama serta menghabiskan biaya terlalu banyak. Mungkin tujuan pemkot London adalah mengembalikan nostalgia masa keemasan double-decker, yang salah satu fungsinya pasti buat pariwisata.

Asal tidak menambah kemacetan sih mestinya warga tidak akan protes.

Sumber: Blog The Telegraph

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak