10 Januari 2014

- - 7 comments

61,5% Pengunjung Situs adalah Robot

Bila pengunjung situs Anda melonjak belakangan ini, jangan buru-buru senang. Sebuah studi menunjukkan sebagian besar lalu lintas situs (51%) dihasilkan oleh entitas non-manusia, 60% di antaranya bahkan tergolong membahayakan. Jadi, situs-situs dunia saat ini dibanjiri lalu lintas robot dari berbagai negara. Data tersebut berasal dari studi yang dilakukan Incapsula, sebuah layanan cloud yang cukup banyak dipakai.

Studi awal sudah dilakukan sejak Maret 2013 lalu, tapi dengan banyaknya permintaan, laporan bakal diperbarui lagi untuk 2014 ini. Mengingat sekarang masih awal tahun, data dari infografik berikut ini adalah data 2013.

Laporan Lalu Lintas Robot 2013
Laporan Incapsula tentang peningkatak kunjungan robot.
Laporan tersebut berasal dari 1,45 Miliar data kunjungan yang terjadi selama periode 90 hari. Data dikumpulkan dari 20.000 situs yang ada di jaringan Incapsula, terdiri dari klien dari semua layanan yang tersedia (bahkan yang gratisan). Secara geografis, lalu lintas mencakup 249 negara di dunia.

Berdasarkan laporan tersebut, beberapa hal yang perlu digarisbawahi antara lain:

Lalu Lintas Bot Naik 21 %

Dibandingkan laporan sebelumnya dari tahun 2012, ada pertumbuhan 21 % atau sekitar 61,5 % dari total pengunjung situs. Sebagian pertumbuhan terkait robot baik (agen perangkat lunak, mesin pencari, situs pemeringkat, dll) yang kehadirannya meningkat dari 20 % menjadi 31 % pada tahun 2013. Penjelasannya sebagai berikut:
  1. Evolusi layanan web. Munculnya layanan yang memperkenalkan jenis robot baru. Misalnya, layanan berorientasi SEO baru dengan frekwensi 30-50 kunjungan per hari atau lebih.
  2. Peningkatan aktivitas bot yang telah ada. Pola kunjugan beberapa bot baik (misalnya, Gooogle-Bing-DMOZ, dll). Dalam beberapa kasus mereka melihat siklus ini kian pendek.

31 % Bot Berbahaya, Tetapi Spammer Menurun

Ada pengurangan nyata dalam praktik Bot Spam, yakni menurun dari 2 % pada 2012 menjadi 0,5% saja pada 2013. Penjelasan paling masuk akal untuk penurunan ini adalah kampanye anti spam dari Google.

Berdasarkan angka-angka tersebut, tampaknya Google mampu mencegah praktik link spamming, yang menyebabkan penurunan 75 % aktivitas link spamming
otomatis.

via: Incapsula Blog

7 komentar:

  1. jika ingin membandingkan perkembangan pertumbuhan pengunjung, ada banyak situs yang menyediakan fasilitas tersebut. Tentunya dengan melihat situs lain dalam kategori yang sama. Kemungkinan kesalahan baca akan berkurang dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Ada cara lain untuk melihat data pertumbuhan, yaitu ada di Cpanel kita.

    BalasHapus
  2. Yah masak Cpanel Obat Kuat gan... :)) tapi makasih sudah mampir

    BalasHapus
  3. informasinya sangat berguna dan bermanfaat mas salam kenal semoga makin sukses

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya gan, saya musti belajar banyak nih. Sangat berbahaya kalau situs dimasuki spamming..

    BalasHapus
  5. Membuat situs berkualitas akan membantu menyebarkan informasi positif. Semoga apa yang dikerjakan dengan situs ini selalu memberikan inspirasi dan motivasi untuk kemajuan daerahnya. Bravo
    2.daftar harga pompa air 2014
    3.harga mesin laundry murah
    4.harga mesin jahit singer terbaru

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak