07 Januari 2014

- - 6 comments

Sebabnya Menyiram Tanaman Sebaiknya Pagi Hari

Apakah Anda termasuk orang yang orang menyiram tanaman saat tengah hari? Mungkin supaya hawa di sekitar pekarangan jadi adem. Mungkin juga Anda berpikir bahwa menyiram tanaman di siang hari membuat tanaman kembali segar setelah tersengat matahari. Ada banyak alasan orang menyiram tanaman, tetapi tidak semuanya berguna bagi tanamannya. Padahal, menyiram tanaman di siang hari malah merugikan tanaman. Itu sebabnya menyiram tanaman sebaiknya pagi hari ketika sinar matahari masih belum menyengat.
Siram tanaman pada akarnya supaya suplai air efektif.

Kenapa begitu? Ketika cuaca sedang panas, pelepasan molekul air dari tanaman sebagai mekanisme untuk hidup berlangsung lebih cepat. Proses penguapan yang biasa disebut evaporasi ini bisa 60 persen lebih tinggi bila tanaman disiram siang hari.

Oleh karena itu, Siramlah tanaman ketika cuaca sedang bersahabat, utamanya pagi hari. Salah satu sebabnya tentu meminimalkan hilangnya air akibat proses evaporasi. Tanaman juga kehilangan air melalui proses penguapan lain yang disebut transpirasi. Transpirasi adalah cara tanaman bernapas dan ini adalah proses alami bagi kehidupan tanaman.

Nah, untuk mengurangi dampak penguapan air berlebih akibat evaporasi dan transpirasi, hindari menyiram tanaman antara jam 10 pagi sampai jam 18 petang. Periode itu adalah saat di mana penguapan tertinggi terjadi.

Waktu terbaik menyiram adalah jam 5 pagi sampai jam 9 pagi. Menyirami tanaman juga berguna untuk menyingkirkan kotoran dan hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Siram bagian akarnya karena dari sanalah molekul air disedot untuk didistribusikan ke seluruh bagian tanaman.

Bagaimana dengan menyiram tanaman di malam hari? Ternyata itu tidak diperlukan, walau ada pengecualian untuk tanaman-tanaman dan kondisi tertentu.

via: Googling

6 komentar:

  1. Berarti selama ini saya kurang tepat ya. Saya menyiram tanaman sekitar jam 4-5 sore tiap hari. Pikirannya sih sama seperti pembahasan di atas biar hawanya jadi adem. Kalau pagi saya pikir tanaman biasanya masih segar jadi ga usah disiram dulu. Makasi pencerahannya yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini pengetahuan di luar perkiraan sebagian besar orang kayaknya. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. Kalau tidak ada waktu dipagi hari bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak apa-apa tapi efeknya mungkin tidak banyak

      Hapus
  3. Bila penguapan besar ya disiram lebih banyak aja. Bukankah begitu? Asal penyiraman tdk menghambat proses transpirasi tanaman. Atau bgmn?

    BalasHapus
  4. yg namanya Ilmu itu harus aku ambil dari mana pun datangnya...he
    Thanks min

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak