06 Januari 2014

- - Beri respon

Ikan Hiu Bisa Nge-tweet Soal Kehadiran Mereka

Di Australia Barat serangan hiu lebih sering terjadi dibanding hampir semua tempat lain di Bumi. Dalam rangka melindungi perenang dan peselancar, pemerintah mengandalkan helikopter ditambah anggota masyarakat yang melaporkan penampakan. Tapi sekarang, Departemen Perikanan telah memperkenalkan sistem baru, ikan hiu bisa nge-tweet soal kehadiran mereka sendiri.

Bagaimana bisa? Sistem baru ini dinamai Shark Monitoring Network, sebuah sistem yang dipasang pada sirip hiu, lalu sinyalnya dipantai perangkat pemantau untuk ditransmisikan. Ketika ada hiu yang sudah ditandai berenang dalam jangkauan salah satu monitor, spesies, ukuran, dan lokasinya akan terekam secara otomatis.

ikan hiu bisa nge-tweet soal kehadiran mereka
Ilustrasinya ini saja sudah cukuplah.
Informasi ditransmisikan melalui satelit ke komputer, yang segera dijadikan posting di Twitter. Sebuah tweet muncul misalnya berisi, "Perikanan menyarankan: Sebuah hiu perak terdeteksi monitor di Garden Island 8:46:00 - 31-Des-2013".

Sejauh ini sistem tersebut menggunakan 19 monitor yang terhubung ke satelit, yang melacak keberadaan 338 hiu termasuk hiu putih, hiu harimau, dan hiu banteng. Kendati begitu, tentunya masih banyak hiu-hiu lain yang belum ditandai dan berenang dekat pantai Australia Barat. Namun, jaringan ini hanya dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dari sistem yang ada, bukan untuk menggantikannya.

via: Sky

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak