06 Desember 2013

- - Beri respon

3 Server CDN atau Cloud Server Gratis

Apa itu CDN? Buat yang belum tahu, CDN atau Content Delivery Network adalah layanan server internet yang mendistribusikan konten situs pelanggannya ke seluruh dunia dan mempercepat kinerja situs. Saat ini sejumlah situs besar telah menggunakan layanan CDN atau lebih dikenal dengan istilah Cloud Server. Apakah mahal? Buat situs-situs kecil tak perlu kuatir, berikut ini 3 server CDN ata Cloud Gratis yang pantas untuk dicoba.

1. CloudFlare

Cloudflare termasuk salah satu nama besar di dunia CDN. Bolehlah saya tempatkan di posisi pertama di 3 CDN Gratis terbaik. Bahkan, boleh dibilang mereka adalah raja layanan CDN gratis. Hingga kini CloudFlare sudah melayani dan mengamankan ribuan situs dari berbagai penjuru dunia. Mereka sangat populer di kalangan blogger dan hosting Amerika Serikat. Salah satu yang menarik dari Cloudflare tentunya adalah adanya fitur gratis untuk situs kita seumur hidup.

Fitur Cloudflare antara lain:
  • Teknologi percepatan dengan Ruby Railgun
  • Mengecilkan ukuran file (Web Optimization)
  • Rocket Loader
  • Anti serangan DDoS yang lumayan murah
  • Jaringan server global (di Singapura ada juga)
Alamat: http://www.cloudflare.com

2. Incapsula

Incapsula adalah layanan CDN berikutnya yang keren dan patut dicoba. Fitur andalan Incapsula juga mirip Cloudflare, yaitu mengakselerasi situs secara efisien dengan kompresi data, namun juga menyediakan sekuritas hingga tahap tertentu untuk versi gratis. Salah satu perbedaan dengan Cloudflare, kita tidak perlu mengubah Nameserver (NS) domain. Cukup dengan mengubah A record dan CNAME di Control Panel, layanan ini sudah bisa dinikmati. Proses aktivasinya juga cepat, tidak sampai sehari (tergantung server hosting).

Fitur Incapsula antara lain:
  • Mempercepat akses ke situs hingga 50%
  • Proteksi DDOS
  • Aplikasi Firewall
  • Beberapa fitur keamanan
  • Jaringan server global
Alamat: http://www.incapsula.com

3. Swarm CDN

Nah, kalau yang ini khusus gambar dan video. Saya sendiri belum pernah coba tapi menurut klaim mereka, kita diberi jatah hingga 100 GB. Versi berbayar bisa akumulatif atau berdasarkan pemakaian bandwidth.

Alamat: http://swarmcdn.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak