07 Desember 2013

- - Beri respon

Teknologi Baru Implan Retina Beri Harapan Para Penderita Kebutaan

Penyakit mata yang mengakibatkan kebutaan tentu bukan hal yang kita inginkan. Namun, kini tampaknya ada secercah harapan bagi mereka. Konon setidaknya sebanyak 25-30juta orang menderita penyakit degeratif makula (AMD) yang berkaitan dengan usia. Baru-baru ini telah diumumkan teknologi Retina Nano yang dinamai Bio-Retina, sebuah alat mini semacam detektor gambar yang dapat ditanamkan langsung pada permukaan retina. Kabarnya terobosan medis anyar ini Siap untuk masuk uji klinis pada 2013.



Retina adalah jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan dalam bagian belakang mata kita. Jaringan retina bentuknya berlapis, di mana fotoreseptor mata (batang dan kerucut) yang terletak di bawah beberapa lapis neuron dan ganglia dihubungkan oleh sinapsis. Neuron ini mengirimkan gambar ke saraf optik dan ganglia melakukan pemrosesan dari informasi visual.



Bio-Retina

Nah, sekarang ilmuwan tengah mengembangkan Bio-Retina berukuran 3 x 4 mm berisi mikrocip yang dapat dimasukkan ke dalam mata. Alat ini tidak mengobati kebutaan secara total, melainkan berusaha untuk meringankan akibat AMD.



Awal tahun depan studi klinis pertama akan dilakukan dengan 24 x 24 grid piksel, sedangkan untuk selanjutnya dari studi klinis ini akan ditingkatkan menjadi 72 x 72 grid piksel. Video di bawah ini dapat memberi gambaran tentang bagaimana cara kerja dan pandangan apa yang bisa ditangkap oleh retina yang sudah diimplan.



Sumber: Gizmag

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak