27 November 2013

- - Beri respon

Pil Berkamera Untuk Mendiagnosa Penyakit di Organ Bagian Dalam

Pil kecil sudah biasa. Pil banyak digunakan untuk mengobati pasien. Kini, ada pil lebih besar yang bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit. Inilah pil yang dilengkapi dengan kamera dan pencahayaan untuk melihat apakah perut Anda bekerja normal atau tidak.


Setelah ditelan, kamera kecil yang dipasang badan kapsul akan membantu dokter mendiagnosa penyakit dengan transmisi gambar close-up di saluran pencernaan. Kamera video digital nano itu bertenaga baterai dan dilengkapi lampu dioda serta pemancar sendiri. Kemudian, selama perjalanan di dalam perut, kameranya mampu mengirim gambar ke perekam data, yang dikenakan pada sabuk di sekitar pinggang, sebanyak dua frame per detik selama delapan jam terus-menerus.

Dokter tinggal mengunduh (download) informasi dari perekam ke komputer untuk mendapatkan gambaran close-up saluran pencernaan pasien tanpa perlu pembedahan atau tinggal di rumah sakit. Sejumlah pakar mengakui bahwa kamera telan tersebut akan membuat diagnosa penyakit seperti kanker perut, gangguan pencernaan, usus, dan sebagainya menjadi lebih cepat, lebih mudah, juga murah.


perangkat pemeriksa isi perut itu salah satunya bernama M2A, yang dikembangkan dan diproduksi oleh sebuah perusahaan biomedis di AS, Given Imaging. Selama perjalanan dalam tubuh alat ini rata-rata menghasilkan 57.000 gambar berwarna pada lapisan dinding usus. Si pasien bahkan bisa bebas melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal. Setelah rekaman selesai diambil, pasien tinggal menyerahkan saja hasil rekamannya.

Sumber: Daily Mail

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak