31 Oktober 2014

- - Beri respon

Mengenal Mesin RC

Produk mesin berbahan bakar cair untuk RC banyak ragamnya. Namun, secara umum punya mekanisme yang hampir serupa. Yang pertama harus dimengerti adalah komponen-komponen dan fungsinya. Dengan memahami mesin, kita dapat melakukan penyetelan untuk peningkatan performa. Di samping itu, kita juga bisa menjaga keawetan mesin.


Kok ini lagi? Yah, untuk penghematan sumber daya.
Banyak variasi yang dapat dilakukan dalam menyetel mesin. Baik yang standar atau yang sudah dimodifikasi untuk balapan, secara umum dapat dijelaskan menurut bagian-bagiannya. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian mesin RC.

Karburator

Di bagian ini terjadi percampuran antara bensin dan udara dalam jumlah tertentu. Ini adalah salah satu bagian yang harus disetel ulang untuk balapan RC. Kita dapat mengurangi jumlah atau menambah aliran bensin per volume dalam karburator.

Katup Langsam (Idle-Speed Adjustment)

Katup ini berfungsi untuk membatasi bukaan di dalam karburator. Meskipun tidak mempengaruhi campuran bensin dan udara, tapi penyetelan pada bagian ini akan mempengaruhi kondisi langsam.

Katup Low-End Mixture

Katup ini mengatur campuran bensin mendekati atau dalam kondisi mesin langsam. Beberapa model mesin tidak memiliki bagian ini, sehingga penyetelan yang akurat akan sulit dilakukan.

Katup High-End Mixture

Ini adalah katup utama pengatur percampuran bensin. Umumnya terletak di bagian teratas dari mesin. Bagian ini ada yang bentuknya  didesain agar dapat disetel langsung dengan tangan kita.

Busi (Glow Plug)

Busi mempunyai karakteristik (temperatur) yang berbeda berdasarkan nomor busi. Makin tinggi nomornya, makin tinggi panasnya. Mesin kecil (12-15) menggunakan busi yang hangat sampai panas, sedangkan untuk mesin yang lebih besar menggunakan busi yang lebih dingin. Busi yang digunakan RC adalah busi pasif, jadi perlu starter tambahan untuk menyalakan mesin.

Saringan Udara

Saringan udara mencegah kotoran/debu masuk ke dalam mesin. Jangan sekali-kali menghidupkan mesin tanpa saringan udara karena hal ini akan membuat mesin anda akan rusak.

Knalpot (Tune Pipe)

Fungsi knalpot sangat penting untuk tahap akhir pembakaran, terutama pada mesin mesin 2 langkah. Secara umum, knalpot yang lebih kecil/tipis baik digunakan pada putaran mesin yang tinggi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak