16 Desember 2010

- - 5 comments

Beberapa Cara Untuk Membuat Font Dengan atau Tanpa Software

Mereka yang tidak gaptek lagi mestinya sudah tahu apa itu yang dinamakan font. Nah, buat mereka yang penasaran ingin membuat font sendiri, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara paling gampang buat iseng-iseng adalah membuat font terbalik yang bisa dilakukan di sini, di sini, atau di sini. Ini sebetulnya bukan membuat font baru, tapi cuma membalik yang sudah ada. Tiga-tiganya sama-sama hanya membalik huruf dari tulisan apapun yang kita buat secara otomatis. Teks dengan font terbalik itu bisa dipakai di aplikasi-aplikasi berbasis teks macam Notepad, Wordpad, MS-Word, E-mail, dsb.


Berikutnya adalah cara membuat karakter atau font sendiri dengan perangkat lunak sederhana yang sudah ada dalam tiap paket Windows™ XP. Namanya adalah Private Character Editor dan cara membuatnya tidak susah, cukup ikuti langkah-langkah yang sudah dibuat dengan sangat bagus di blog satu ini.

Selanjutnya adalah cara mudah membuat font dari gambar atau tulisan tangan Anda. Tidak ada software yang perlu diinstal karena ada situs yang menyediakan program konversi dan bisa dilakukan secara instan.Cara lengkap dalam Bahasa Indonesia bisa Anda dapat di blog yang ini. Cuma, yang ini harus bayar walau cukup murah harganya. Hasilnya kira-kira seperti gambar di bawah ini:


Kalau yang berikut ini mirip dengan yang di atas. Bedanya, selain gratis kita juga bisa mendesain sendiri bentuk hurufnya. Namanya adalah fontstruct, sebuah situs yang menyediakan fasilitas desain dan font gratis bagi penggunanya. Kita hanya perlu mendaftar menjadi anggota dan langsung bisa mulai mendesain huruf demi huruf.


Desain font di situs ini menggunakan aplikasi online yang cukup gampang dipahami. Sudah ada template untuk huruf, angka, dan karakter-karakter lainnya. Kita tinggal mengisi halaman-halaman kosong di template dengan gambar buatan kita sendiri. Walau hanya aplikasi online dan gratisan, hasil yang bisa tercipta bisa sangat kompleks. Coba lihat contoh di bawah ini:


Ada beberapa fitur keren yang tersedia di sini. Misalnya, kita bisa menyimpan desain-desain yang belum jadi untuk dilanjutkan lain kali. Di sini juga ada komunitas desainer font amatir yang siap membantu para pemula dalam mendesain font mereka. Kita juga bisa mengambil template dengan isi font yang sudah jadi hasil karya anggota di sana, tapi tentu saja dengan seijin pemiliknya. Bila sudah jadi, font karya kita atau yang ada di situ bisa kita unduh gratis. Situs ini sangat cocok bagi desainer font pemula yang ingin belajar seluk-beluk pembuatan font sebelum membuat membeli software macam Font Creator atau Fontographer.

5 komentar:

  1. Numpang promotee.. Visit my blog!! www.kpopers123.blogsopt.com.. Di web itu aku bagi-bagi link themes and fonts blackberry.. Minat? Visit now!! Klo mau sesuatu, tinggal comment di post aku yg judulnya Request.. Minta di bikinin themes itu jg alright ajah.. Nama blog aku Lovely Girls K-Pop Blog.. Namaku Choi Hyorin.. Thx..

    BalasHapus
  2. makasih info tentang membuat font nya sobat

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak