01 November 2014

- - Beri respon

Perangkat Buat Bongkar-Pasang RC

Semua jenis RC baik elektris maupun yang kelas engine—bahkan model RTR sekalipun—pasti memerlukan perawatan dan reparasi. Untuk hal tersebut, kita membutuhkan berbagai alat bantu seperti obeng, tang, dan kunci-kunci untuk tiap bagian mobil.


Perkakas bongkar-pasang RC (Xheli)
 Dengan makin berkembangnya teknologi RC seperti sekarang, makin banyak pula produk –produk alat bantu yang ditawarkan. Semuanya didesain untuk memudahkan para pembalap dalam mengeksplorasi kemampuan optimal mobilnya. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat yang wajib dimiliki oleh seorang pembalap RC profesional:

Obeng Baut (Screwdriver)

Tersedia dalam berbagai merek seperti Tamiya, Hudy, Phillips, dan Duratrax. Jenis yang sering digunakan adalah nomor ukuran 0, 1, dan 2. Jenis-jenis tersebut dapat digunakan untuk pengencang baut ukuran kecil 2-56, seperti pada servo atau yang berukuran 8-32 pada penahan sekat sasi. Obeng-obeng merek Duratrax ada yang dijual secara terpisah atau dalam satu set. Untuk merek dan Hudy, kualitasnya memang sangat baik, tapi harganya pun menjadi mahal.

Hex Driver

Alat berujung segi enam ini ada yang tangkainya berbentuk seperti huruf L. Tapi, kelemahannya adalah sulit diputar bila digunakan pada bagian yang bersudut sempit. Alat yang lebih baik menggunakan tangkai lurus, sehingga lebih mudah ditempatkan pada sudut sempit dan dapat mengurangi kemungkinan merusak baut. Merek-merek yang tersedia adalah Hudy 5 mm,  XTM 2,5 mm, OFNA, Dynamite, dan Trinity 1/16 inci

Tang (Plier)

Untuk RC, tang yang pas adalah jenis needle-nose. Beberapa model sekaligus memiliki alat pemotong kecil. Tersedia merek seperti Niftech, Tamiya, dan Duratrax.

Cross Wrench

Alat serba guna ini berbentuk dua kunci yang disilangkan. Hasilnya, ada empat macam kunci yang bisa digunakan untuk beberapa ukuran baut atau bagian mesin. Pada RC jenis nitro, alat ini menjadi salah satu andalan pembalap dalam penyetelan mesin. Buatan Kyosho disertai pengunci poros mesin (crankshaft), Duratrax menyediakan beberapa kunci untuk busi dan baut 17 mm. Disamping kedua merek tersebut, ada pula buatan OFNA untuk ukuran 7, 8, 10, dan 17 mm.

Reamer

Reamer digunakan untuk membuat lubang kecil, misalnya pada bodi mobil. Bila menggunakan bor biasa, bodi mungkin akan rusak atau pecah.

Body Scissor

Bila berurusan dengan bodi berbahan lexan, gunting kecil ini sangat dibutuhkan. Disamping untuk memotong bagian-bagian tertentu pada bodi, alat ini juga berguna untuk menghaluskan potongan plester pada servo.

Fuel Gun

Pada seri final balap RC, umumnya berdurasi 30 hingga 60 menit. Karena bahan bakar dalam mobil tidak cukup, perlu alat bantu dalam mengisi ulang bensin. Alat berbentuk seperti pistol ini mampu mengisi ulang hanya dalam waktu dua detik.

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak