31 Oktober 2014

- - Beri respon

Beberapa Istilah RC (Lagi)

Istilah-istilah yang dipakai dalam dunia mobil radio control (RC) banyak yang mengambil dari istilah otomotif secara umum. Terlebih lagi, mobil-mobil RC yang dipakai untuk balapan umumnya berbahan bakar minyak.

Ilustrasi RC lagi seperti biasa.

Downforce

Angin yang dilewati mobil yang sedang bergerak, bisa dimanipulasi oleh bentuk bodi dan sayapnya. Angin yang diarahkan ke bawah dapat membantu mobil untuk kuat menapak permukaan jalan. Inilah yang disebut dengan downforce.

Electric Starter

Sebuah alat elektris yang digunakan untuk menyalakan mesin RC berbahan bakar cair. Umumnya menggunakan baterai 12 volt atau adaptor. Ada pula model lain yang lebih canggih yaitu starter box.

Engine

Pada mobil RC berbahan bakar cair, terminologi untuk mesin  adalah engine. Untuk yang elektris, terminologi yang digunakan adalah motor.

Mounting Post

Kenop kecil yang terletak di depat dan belakang sasis mobil RC. Di tiap kenop terdapat sebuah lubang kecil dan digunakan untuk menempelkan bodi. Gunanya agar bodi tidak lepas bila mengalami guncangan di trek.

NiCd

Sebutan bagi baterai yang bahan dasarnya terbuat dari nikel kadmium. Baterai isi ulang macam ini umumnya dipakai untuk transmitter dan receiver.

Nitro

Kependekan dari nitro metanol (nitromethane). Ini adalah bahan additive yang digunakan sebagai campuran bensin untuk meningkatkan performa mesin berkecepatan tinggi. Ukuran idealnya bisa berbeda untuk tiap model mesin.

Oil-Filled Shock

Alat redam kejut yang terdapat pada roda mobil RC. Oil shock berisi cairan, sehingga lebih efektif meredam gaya akibat guncangan dibandingkan dengan per (spring).

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak