11 November 2014

- - Beri respon

Pilihan Ban RC: Ban Busa Paling Pas

Pada Balap RC kelas sedan, pemilihan ban yang sesuai adalah penting. Performa mobil saat melaju di arena balap—terutama saat di tikungan—akan sangat bergantung pada performa ban, karena mobil bergerak menggunakan roda yang menapak ke permukaan lintasan.

Pilihan ban buat mobil RC ada banyak sekali.
Setelan mesin dan sasis sangat mendukung laju mobil, tapi bila tidak didukung dengan pilihan ban yang pas dengan kondisi saat lomba, mobil akan mudah terpelintir keluar lintasan. Bagi pembalap pemula, Anda bisa bertanya kepada para senior mengenai pilihan ban yang mereka pakai. Tapi, bisa pula mencari informasi ke toko-toko RC tentang jenis ban yang paling laku.

Secara umum, jenis ban terbagi dalam dua macam. Ada yang terbuat dari karet (rubber) dan ada yang terbuat dari busa (foam) yang dipadatkan (molded). Ban dari karet memang menghasilkan grip yang baik dan ada yang menggunakan kembangan, tapi biasanya mahal dan tidak cocok digunakan pada lintasan yang suhunya cukup panas.

Ban busa terbuat dari busa karet yang dimasak dan dicetak dalam bentuk seperti donat. Setelah itu, ban dilekatkan pada pelek (rim) dari plastik. Tidak seperti ban karet yang harus dilekatkan dahulu pada pelek, ban busa sudah siap pakai.

Oleh karena itu, pembalap profesional banyak yang lebih senang menggunakan ban busa. Pilihan jenis yang tersedia menggunakan angka antara 30 hingga 60. Angka-angka tersebut menggambarkan kekerasan busanya (makin besar angkanya, makin keras busanya).

Ban tanpa kembangan tersebut juga dikenal punya traksi lebih baik. Tapi, kelebihan pada traksi ini juga akan berpengaruh pada setelan suspensi dan sasis. Para pembalap senior menganjurkan untuk mengurangi ayunan lengan suspensi, sedangkan setelan suspensi dibuat lebih rendah untuk meminimalkan kemungkinan mobil terbalik saat menikung.

Pemilihan ban juga harus disesuaikan dengan kondisi linatasan, temperatur, dan setelan sasis. Kondisi balap pada pagi hari akan berbeda dengan siang. Lintasan akan makin panas bila sudah siang hari. Jadi, Bila suhu permukaan lintasan sudah mulai panas, ada baiknya Anda mengganti ban dengan yang lebih keras atau menyetel ulang suspensi untuk antisipasi traksi yang makin tinggi.

Pilihan Ban

Produsen   Tipe Ban
TRC        Busa
Super G    Busa 
Jaco       Busa 
GQ         Busa
Yokomo     Karet/Busa
Tredz      Karet/ Busa 
Proline    Karet/Busa 
Ofna       Karet/Busa 
HPI        Karet
Take-Off   Karet 
Sorex      Karet 
RD-Logics  Karet 
Duratrax   Karet 
Team Losi  Karet 
Panther    Karet

Arsip artikel tahun 2005

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak