07 November 2013

- - Beri respon

India Meluncurkan Wahana Tak Berawak Mars Orbiter Mission (MOM)

Pada 5 November 2013 lalu India meluncurkan wahana tak berawak Mars Orbiter Mission (MOM) dari lokasi peluncuran di Indian Space Penelitian Organisation (IRSO) Satish Dhawan Space Centre (Shar) di Pulau Sriharikota.


Setelah pengisian bahan bakar roket PSLV-C25 selesai dan semua sistem dinyalakan untuk hitung mundur, Layanan Menara Bergerak ditarik, dan pada 14:24 waktu setempat Direktur Misi memberi isyarat "Go" untuk mulai peluncuran. Roket India pertama yang menuju Mars tersebut sukses diluncurkan sesuai rencana.

Meski sempat ada kekhawatiran soal cuaca karena pusat peluncuran rentan terhadap angin kencang, namun pengendali misi mengatakan bahwa cuaca aman dan lintasan peluncuran telah disesuaikan dengan memperhitungkan kecepatan angin di lokasi peluncuran.

MOM sementara akan mengorbit bumi, di mana dia bakal memosisikan diri ke orbit transfer ke Mars. Mesin utama berbahan hidrazin monometil dan dinitrogen tetroksida tersebut bakal dinyalakan enam kali, yakni pada tanggal 6, 7, 8, 9, 11, dan 16 untuk menempatkannya di orbit elips pada apogee 23.000 km (14.000 mil ) dan perigee 238 km (148 mil). Wahana ini akan tetap berada di sana sampai 30 November. Saat itulah mesin pendorong dinyalakan lagi untuk mengirimkannya ke Mars.

Begitu MOM mencapai sasarannya di Mars, wahana tersebut akan melakukan survei terhadap permukaan planet, 6 sampai 10 bulan beserta kondisi atmosfernya.

via: gizmag

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak