04 November 2013

- - Beri respon

Beberapa Makanan yang Bermanfaat Menambah Jumlah Trombosit

Kalau Anda pernah terkena DBD ada kenalan atau saudara yang pernah kena mestinya tahu apa itu trombosit. Normalnya, trombosit atau juga dikenal dengan platelet normalnya 150-450 ribu per mikroliter darah. Pada pasien DBD (demam berdarah dengue) jumlah platelet menurun bahkan jauh di bawah 50 ribu. Kondisi tersebut dinamai trombositopenia.


Untuk meningkatkan jumlah trombosit selain dengan obat dokter, selama ini umumnya orang tahunya hanya jus jambu.

Akan tetai, sebetulnya ada beberapa asupan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan trombosit atau platelet. Beberapa makanan yang bermanfaat menambah jumlah trombosit di antaranya:

Stroberi, buah delima, tomat, kiwi, dan jeruk kaya vitamin C dan antioksidan lain seperti likopen, namun dapat meningkatkan produksi trombosit sekaligus menetralkan radikal bebas. Itu tadi buah-buahan yang bisa menjadi alternatif jus jambu merah.

Kurma mengandung antioksidan tannin yang bersifat antiinfeksi, antiinflamasi, dan mencegah perdarahan. Kurma juga mengandung antoksidan lain seperti betakaroten serta mineral kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi, sehingga bagus sekali untuk menutrisi tubuh pasien DBD.

Wortel dan brokoli kaya vitamin A juga dapat memperbaiki kadar trombosit.

Ekstrak (sari) daun pepaya baik juga untuk meningkatkan trombosit. Cukup dengan dua sendok makan sarinya yang diambil dari dua lembar daun pepaya yang ditumbuh (diblender) lalu diambil airnya.

Rumput laut mengandung kalsium dan vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah.

Protein dari kacang polong dan kacang-kacangan akan membantu membangun platelet.

Makanan sumber asam lemak omega-3 seperti ikan baik untuk menguatkan sistem imun dan membantu sumsum tulang membuat lebih banyak platelet.

Mengonsumsi 30 ml jus lidah buaya setiap kali usai makan sangat baik untuk menambah jumlah platelet.

via: sehatnews.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak