19 November 2013

- - 1 comment

Bahan Alami yang Cukup Populer dan Efektif Sebagai Antiseptik

Antiseptik atau germisida adalah sejenis senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan hidup seperti kulit dan membran mukosa. Antiseptik penggunaannya adalah untuk perawatan luka.


Sebab, antiseptik dapat mencegah dan mengobati infeksi. Dia juga mungkin berguna buat pengobatan ruam serta iritasi kulit lainnya. Di rumah kita mungkin tidak selalu menyediajan obat-obatan ini. Selain itu, beberapa antiseptik yang dijual bebas cukup mahal dan berbahan kimia non-organik. 

Akan tetapi, ketahuilah bahwa alam menyediakan sejumlah alternatif bagi kita. Sebenarnya sih bukan alternatif. Bahan-bahan antiseptik alami sudah sejak lama digunakan, tapi jaman dulu memang belum disebut atau dikenal umum sebagai antiseptik.

Ada banyak jenis antiseptik yang dapat ditemukan di dapur Anda, bahkan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang cukup populer dan efektif sebagai antiseptik untuk mengobati luka dsb:

Air Kelapa 

Mungkin tak banyak yang tahu ini, tapi air kelapa mentah sebenarnya juga memiliki kualitas antiseptik. Bila diminum, air kelapa dapat memerangi batu ginjal dan penyakit saluran kemih. Air kelapa mengandung asam laurat, yang bekerja sebagai agen anti bakteri dan anti jamur alami. Air kelapa (muda) juga biasanya diberikan kepada para ibu hamil karena mereka membutuhkan vitamin ekstra dan keteraturan kemih.

Sirih

Minyaknya ada yang menyebut minyak atsiri yang terbuat dari daun sirih. Minyak ini mengandung zat samak dan kavikol yang memiliki kemampuan mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur. Sirih juga berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri dan cendawan. Daun sirih bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Serai

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik tanaman ataupun minyaknya. Kandungan serai antara lain sitronela (anti nyamuk) dan bisa berfungsi sebagai diuretik, antiseptik, analgesik, pengeluar angin, penenang saraf, penurun panas, dll.

Binahong

Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Bentuk daunnya mirip jantung. Beberapa khasiatnya antara lain untuk mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, dan radang usus.

Madu

Madu adalah salah satu antiseptik alami tertua yang digunakan oleh manusia. Sarang lebah itu sudah digunakan untuk mengobati luka selama ribuan tahun. Dia juga memiliki sifat antiseptik dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Madu dikenal dapat mengobati luka bakar dan infeksi kulit

1 komentar:

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak