21 April 2011

- -

Gambar Peta Gravitasi Bumi Ternyata Benjol-benjol Tak Keruan

Gambar di bawah ini mungkin terlihat seperti gumpalan tanah liat yang biasa buat mainan anak, tapi ini sebenarnya objek warna-warni dari model digital terakurat dari medan gravitasi bumi.Nama untuk peta ini dikenal sebagai geoid, gambaran yang diciptakan satelit Eropa Gravity field and steady-state Ocean Circulation Explorer, disingkat GOCE.


Kebanyakan orang pasti mengira bentuknya semulus bentuk Bumi. Namun, faktanya ternyata tak serata dan semulus permukaan bumi yang diambil gambarnya dari luar angkasa.

"Pada dasarnya, ketika orang mengatakan Denver adalah 5.280 kaki [1.609 meter] di atas permukaan laut, apa yang mereka maksud adalah 5.280 meter di atas geoid," jelas John Wahr, seorang ahli geofisika di University of Colorado.

Badan Antariksa Eropa meluncurkan GOCE ke orbit kutub rendah sejat Maret 2009 lalu, untuk kemudian berputar-putar sekitar 158 mil (255 kilometer) di atas permukaan planet.

Citra geoid yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh para pakar geofisika untuk mengungkap teka-teki perincian struktur interior bumi. Peta gravitasi juga penting untuk pakar kelautan karena angin dan arus menyebabkan air menumpuk di beberapa tempat.

"Jika Anda dapat memetakan permukaan laut (dengan altimetri radar satelit, misalnya), lalu mengambil perbedaan antara yang di permukaan dan geoid, Anda dapat menentukan arah dan kekuatan arus laut," papar Wahr.

Memelajari geoid dapat membantu kita memahami proses dan perilaku tektonik seperti yang terlihat pada bencana gempa bumi bulan lalu di Jepang.  "Gempa bumi besar menggerakkan cukup banyak massa untuk mengubah medan gravitasi."

Berikut videonya dari Youtube:



Sumber: National Geographic
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak