29 Maret 2011

- -

5 Cara Terbaik Memopulerkan Blog atau Situs Baru Anda Pada Dunia

Hampir tiap blogger pasti ingin blognya ngetop, populer, banyak dibaca orang. Biasanya diawali desain tampilan secantik mungkin, fitur semenarik mungkin, dan kemudian diisi. Nah, setelah menghabiskan waktu mengembangkan blog baru, kemudian tibalah saat memublikasikan posting Anda kepada dunia. Apa yang Anda butuhkan adalah pembaca, banyak pembaca, itu saja sudah cukup.


Sebenarnya untuk mengarahkan lalu-lintas ke blog kita relatif mudah dan sederhana untuk dipahami. Anda juga bisa membaca beberapa artikel soal SEO untuk menambah wawasan. OK, mari kita bahas 5 cara menyebarkan eksistensi blog Anda, yang dimulai dengan konten atau isi.

Konten
Ada pepatah populer untuk ini. "Content is king!" Ya, konten adalah raja. Tidak ada gunanya memopulerkan situs yang isinya hanya satu-dua artikel saja. Ini semacam mantra Anda untuk menarik pembaca. Pembaca blog umumnya ingin konten yang menarik, heboh, atau berharga untuk dibaca, digunakan, bukan paragraf-paragraf penuh kata kunci. Walau trik semacam itu memang cukup efektif, tapi sifatnya tidak langgeng. Pada akhirnya orang butuh informasi yang memang bermanfaat.

Bahkan, bukan calon pembaca saja yang menuntut kualitas. Google belakangan ini kian ketat memfilter hasil pencarian dari blog-blog yang isinya tidak jelas. Langkah ini tentu bakal diikuti mesin pencari lainnya. Dengan perubahan algoritma terbaru mereka, Google telah memutuskan memerangi blog-blog yang diistilahkan sebagai "situs peternakan" dan situs-situs "bohong" lainnya.

Kalau blog Anda menyediakan konten berkualitas tinggi seperti blog seadanya ini pembaca dengan sukarela akan menyebarkannya kepada orang lain. Mungkin lewat twitter, facebook, dan sebagainya. Walau bukan cara yang secara langsung mendatangkan pengunjung, namun itu adalah aspek yang terpenting dalam merancang agar orang tertarik berkunjung ke situs Anda.

Twitter
Orang sedang gandrung Twitter. Ini adalah cara cepat dan efektif untuk menyebarkan berita eksitensi blog Anda dan untuk berbagi posting baru dengan para follower. Mereka yang senang dengan konten buatan Anda akan me-retweet, menyebarkan pesan lebih jauh.

Lebih jauh lagi, coba bangun pengikut yang memang punya minat terhadap konten yang Anda sajikan. Berkicaulah secara teratur sesuai perkembangan blog.

LinkedIn
LinkedIn juga bisa menjadi alat membuat jaringan yang kuat dan efektif. Jika Anda belum memiliki profil di sana, luangkan waktu untuk membuatnya. Ini hanya pilihan saja. Saya sendiri tidak punya. Pastikan akun Anda cukup komplet dan jangan lupa menyertakan tautan ke blog dan akunTwitter Anda.

LinkedIn memungkinkan Anda untuk mengirim berita terbaru seperti Facebook, melampirkan file yang dapat dilihat koneksi (teman) Anda. Untuk lebih jelasnya coba daftar saja.

Blogger Tamu
Mengurus blog, terutama yang populer, membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Pemilik blog selalu mencari cara untuk meningkatkan lalu-lintas mereka sembari menjaga minat pembacanya. Blogger tamu juga bisa membantu Anda mencapai keduanya.

Misalkan ada blogger tamu yang konten situsnya mirip dengan Anda. Dia juga bisa ikut memromosikan blog Anda. Biasanya sih dulu ada kebiasaan saling berkunjung dan bahkan diskusi antarblogger. Jika belum ada blog seperti Anda, coba cari blog macam apa yang bisa mendapat manfaat dari konten Anda. Hubungi pemilik blog dan tawarkan untuk menulis posting atau serangkaian posting dengan jaminan Anda akan ditaut (linked) balik. Bisa juga dengan membuat aturan bagi blogger copas bahwa mereka boleh mengambil konten Anda asal menyebutkan sumbernya.

Back Link
Istilah Indonesianya "Tautan Balik". "Wow, blog yang keren."

Itu komentar standar, klasik, atau mungkin agak basbang (basi banget). Malah ada SPAM yang suka mengomentari blog-blog dengan kalimat pakem, default macam itu dan dengan bahasa asing pula. Kadang memang ada blogger yang mampir hanya untuk memancing pemilik blog lain yang dikunjunginya supaya melakukan kunjungan balik. Saya juga kadang melakukannya. Itu bukan contoh yang baik sebetulnya. Bila Anda ingin memancing blogger lain, cobalah mengomentari tulisan dengan baik. Baca dulu baru sampaikan komentar yang cukup masuk akal terkait tulisannya.

Sudah, cukup itu saja sebagai langkah awal. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan menemukan sendiri trik-trik untuk mendatangkan pengunjung.

Sumber: Daily SEO Tip
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak