27 Desember 2014

- - Beri respon

Spyware itu Apa Sih?

Kalau kita download atau donlot sesuatu dari internet, biasanya program, tak jarang ada sesuatu yang berbahaya mengintai dari dalam program itu kalau sampai diinstal. Salah satu momok yang sering dibicarakan adalah Spyware. Nah, pertanyaannya: spyware itu apa sih kok perlu diwaspadai?

Apa itu spyware?
Spyware dari kata spy (mata-mata) dan ware (perangkat).
Menurut definisi, spyware adalah setiap jenis piranti lunak berbahaya (malware) yang diam-diam mengumpulkan informasi pengguna melalui koneksi internet korban tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. Spyware biasanya masuk ke komputer Anda sebagai komponen tersembunyi dari program gratisan (freeware) atau shareware yang di-download (diunduh) dari Internet.

Tidak semuanya berbahaya dan merusak sistem korbannya, tapi performa komputer yang ditempeli program tersembunyi ini mungkin agak terganggu dengan berbagai gejala maupun dampaknya..

Elf Bowling

Banyak pengguna internet (terutama di Amerika Serikat) pertama kali kenal spyware ketika pada 1999, sebuah permainan gratisan berjudul “Elf Bowling” cukup populer dan banyak diunduh, yang tentu saja di dalamnya ternyata ada piranti lunak tersembunyi yang kemudian dikenal sebagai spyware atau program mata-mata.

Umumnya, begitu spyware terinstal, dia akan memonitor dan mulai mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda di internet, yang kemudian mengirimkan informasi tersebut kepada orang lain (pemilik program) tanpa seizin Anda. Dalam kasus gim gratisan tadi, informasi pengguna dikirim ke pengembangnya.

Walau kebanyakan spyware digunakan untuk tujuan beriklan setengah paksa (adware), beberapa ada yang digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dan sensitif pengguna komputer seperti alamat surel (email), kata sandi, dan bahkan nomor kartu kredit.

Mengingat spyware adalah sebuah aplikasi independen (bisa berjalan sendiri), maka dia dapat memiliki kemampuan untuk:
  • Memonitor pengetikan di kibor
  • Memindai file dalam harddisk
  • Mengubah pengaturan di komputer
  • Mencuri informasi dari aplikasi lain seperti dokumen dan program obrolan
  • Membaca cookie
  • Menginstal aplikasi spyware lainnya
  • Dan masih banyak kemungkinan lain
Selain itu, spyware juga sering menghabiskan sumber daya memori komputer dan bandwidth untuk menransfer data pribadi Anda kepada pengembang melalui koneksi internet Anda. Itu sebabnya komputer atau jaringan komputer yang telah terinfeksi spyware sering mengalami kerusakan atau secara umum tidak stabil.

Bila curiga sistem komputer atau sistem jaringan yang Anda pakai tertempel spyware, ada sejumlah perangkat yang bisa Anda dapatkan di internet. Tapi hati-hati karena siapa tahu di dalamnya juga ada spyware. Penghilang yang resmi seperti di situs ini juga ada dan sebaiknya Anda memakai program dengan pengembang yang punya kredibilitas tinggi seperti pengembang anti virus dsb.


Arsip dari tempat lain

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak