24 Januari 2011

- - 2 comments

Cara Membuat Crop Circle Sendiri

Crop Circle atau Lingkaran Tanaman ada di banyak daerah di dunia dengan efek visual mulai dari bentuk yang tak beraturan atau pola geometris menakjubkan, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Asal-usul keberadaanya memang diliputi kontroversi, tetapi setidaknya ada beberapa yang bisa dipastikan telah dibuat oleh manusia. Jika Anda ingin membuat sendiri berikut ini adalah caranya.


Hal-hal yang Anda butuhkan:
1. Sebuah papan datar yang cukup panjang (1-2 meter)
2. Tali atau pita yang panjang (tali tukang bangunan juga bisa)
3. Penanda titik - dicat putih supaya cukup terlihat di malam hari
4. Busur besar
5. Meteran yang panjang (sepanjang mungkin)
6. Kaca mata inframerah (kalau punya) untuk lebih memudahkan penglihatan
7. Laser-pointer pendukung timnas Malaysia
8. Imajinasi yang sangat bagus, dll

Untuk  lebih jelasnya bisa dilihat di sini: Circle Makers


Langkah-langkah:
1. Pilih lokasi yang bagus (cukup luas dan mudah diakses). Jangan lupa izin dari pemilik tanah sebelum Anda memulai perencanaan. Pilihan yang ideal adalah tanah yang agak miring supaya gampang dilihat dari darat.

2. Desain dasar yang terencana dan terukur untuk menjamin bahwa karya Anda nanti gampang dinikmati orang. Buat yang gampang dulu semisal garis lurus atau lingkaran. Buat tanda di peta ke mana Anda sudah dan akan melangkah untuk menghindari bekas pembuatan.

3. Bentuk non sirkular jauh lebih sulit untuk dibuat. Buat desain Anda di komputer supaya lebih akurat dan cantik lalu jadikan peta.

4. Bentuk tim kecil dan latihlah rencana bersama-sama. Bekali tiap anggota dengan peralatan yang tercantum di daftar di atas.

5. Setelah berada di lapangan, gunakan alat pengukur dan tandai titik-titik penting dengan akurat. Setelah itu gunakan tali atau pita untuk menandai area yang akan diratakan atau tidak diratakan.

6. Buat garis konstruksi untuk bentuk yang kompleks. Caranya dengan meletakkan tali sebagai outline, kemudian ratakan titik-titik yang perlu.

7. Ada dua metode yang umum digunakan untuk meratakan:
- Papan Perata - Gunakan papan bertali (seperti gambar kedua) untuk meratakan.
- Menggunakan roller seperti yang dipakai mengecat tembok.

8. Teruslah meratakan dan membentuk sampai Anda menyelesaikan desain sesuai formasi yang diinginkan.

Atau, daripada bingung membayangkannya coba pelajari video-video berikut:







Sumber tip: WikiHow

2 komentar:

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak