08 Januari 2015

- - Beri respon

Dokter di India Gunakan Pompa Sepeda Buat Operasi Perut

Manusia seringkali menemukan atau mencipta sesuatu yang ajaib bila dihadapkan pada kondisi kepepet. Dokter ini pun sama. Seorang dokter di Odisha, India dikabarkan telah menggunakan pompa tangan untuk ban sepeda dalam operasi untuk menggembungkan perut seorang pasien perempuan.
Dokter India gunakan pompa ban sepeda
Ini dia dokternya. (foto: Hindustan Times)
Mahesh Prasad Rout, nama ahli bedah tersebut, konon telah melakukan 60.000 kali operasi menggunakan pompa sepeda bukan sebuah dan sukses, tak ada pasien yang kembali melaporkan masalah. Agar pompanya selalu bekerja dengan baik, sang dokter selalu memastikan pompa itu disterilkan.

India adalah negara terpadat kedua di dunia. Pemerintah setempat memang tengah menjalankan program sterilisasi gratis dalam upaya menekan pertumbuhan penduduk.

Sebab, menurut perkiraan, pada tahun 2050 India akan mengambil alih posisi Tiongkok sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Bumi. Mengingat wilayah Tiongkok hampir tiga kali ukuran India, dapat dibayangkan kendala ruang hidup yang bakal dihadapi rakyat India bila jumlah penduduk terus bertambah.

Nah, soal dokter pemberani ini, pompa tangan ban sepeda, menurut laporan The Independent, dapat menyebabkan kondisi mematikan, embolisme udara. Bila ada kesalahan prosedur, bakal terjadi gelembung udara dalam aliran darah dan itu bisa membunuh. Selain itu juga ada risiko infeksi. Pemerintah kabarnya telah memerintahkan untuk melakukan penyelidikan terhadap praktik dokter aneh ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak