02 November 2010

- - Beri respon

Tanah Ambles Di Mana-mana

Masih ingat kasus amblesnya ruas jalan tol di Jalan RE Martadinata, Ancol? Ngeri kali, bukan? Ternyata itu belum ada apa-apanya ketimbang beberapa kejadian serupa dari berbagai belahan dunia. Tanah ambles atau yang sering disebut sinkhole itu bisa terjadi di mana-mana.


Baru-baru ini sebuah lubang raksasa tiba-tiba menganga di daerah pemukiman di Schmalkalden, Jerman, Senin lalu. Untungnya, kejadian itu tidak menimbulkan cedera, meski ada 25 orang yang terpaksa harus dievakuasi. Lubang besar tersebut sempat menelan sebuah mobil yang diparkir dan juga pintu garasi.

Lubang bundar berdiameter sekitar 98 meter dan kedalaman 65 meter itu muncul sekitar jam 03:00 subuh waktu setempat. Para pakar geologi menilai ada penyebab alami atas kejadian tersebut, tetapi belum bisa memastikan apa dan bagaimananya.

 

Sinkhole konon umumnya disebabkan erosi bawah tanah, yaitu akibat tergerusnya lapisan garam di bawah tanah atau batuan sedimen yang terlarut, seperti lapisan tanah yang mengandung banyak batu gamping atau dolomit. Air tanah juga bisa, yaitu arus sungai bawah tanah yang mengalir melalui bebatuan, lalu menciptakan gua-gua bawah tanah, yang bisa tiba-tiba runtuh.

Dalam setahun ini saja selain kejadian di pesisir Utara Jakarta, telah terjadi juga di Guatemala City, Tampa, Florida, Quebec, dan Milwaukee. Seorang jubir pejabat Schmalkalden menyatakan bahwa lubang di kota berpenduduk 20 ribu jiwa itu rencananya akan ditimbuni kerikil.

Berikut ini foto-foto amblesnya tanah di tempat-tempat lain yang dimaksud.


 
1. Jalan ambles di Wisconsin, Milwaukee. (23 Juli 2010)
2. Akibat badai tropis Agatha di Guatemala City. (18 Juni 2010)
3. Sinkhole di Tampa, Amerika Serikat. (14 Juni 2010)
 4. Empat orang hilang di Montreal, Kanada. (11 Mei 2010)


0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak