28 November 2013

- - 4 comments

Strategi Konten Untuk SEO

Apa yang dicari dan disukai web crawler? Konten berisi informasi. Informasi yang bagaimana? Salah satunya adalah artikel. Artikel adalah bagian penting dari strategi berkelanjutan untuk menciptakan prospek. Untuk pengecer internet, informasi yang fokus dan lengkap dapat mengarah pada keputusan final yang menghasilkan keuntungan finansial, yaitu keputusan membeli produk dari situs Anda. Kalaupun bukan pengecer, Anda bisa mendatangkan pengunjung setia.

Artikel: OK dan Tidak OK
Mungkin sering Anda mendengar bahwa konten adalah raja. Ya iyalah, utamanya konten yang baru, segar, bugar, sehat, berkhasiat. Ini bisa dibilang elemen terpenting dari sebuah situs. Artikel yang informatif adalah cara yang sangat efektif untuk menjaring calon pembeli. Sebab, mereka akan melakukan riset terhadap suatu produk terlebih dulu, mengumpulkan informasi, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Bila semua informasi yang dibutuhkan tersedia, prospek terjadinya jual-beli di situs Anda akan meningkat.
Strategi SEO
Strategi utama adalah membuat pembaca betah.

Poin penting yang perlu diingat adalah gaya dan nuansa artikel harus mencerminkan situs Anda. Seperti artikel ini contohnya. Jika konsep situs Anda semisal bersahabat, santai, dan terpercata, maka seperti itu jugalah artikel sebaiknya dibuat.

OK:
* Seperti halaman FAQ (kalau ada), artikel dapat menaikkan peringkat mesin pencari. Jika dari penelitian Anda menunjukkan bahwa target pengunjung mencari misalkan "pijat terapi", pamerkan keahlian Anda dengan konten terkait yang semenarik mungkin!
* Anda dapat membuat artikel secara jarang, tidak harus ada target semisal 5 artikel per hari. Artikel bisa saja ditambahkan per pekan atau tiap bulan. Yang diperlukan adalah update konten secara rutin dan kontinu.
* Orang-orang (terutama blogger) suka menaut artikel yang dianggap menarik dan informatif. Artikel ini juga bisa menjadi contoh. Tautan balik (backlink) selain akan menarik orang masuk ke situs Anda, orang yang menaut secara tidak langsung turut memromosikan situs Anda secara sukarela.

Tidak OK:
* Ada kalanya kita merasa sulit untuk memenuhi jadwal untuk membuat konten baru dan segar sesuai strategi yang telah ditetapkan. Siapa tahu ada kesibukan lain misalnya menata ulang foto, direktori, dsb. Tapi, cobalah untuk tetap melakukannya. Anda bisa melihatnya seperti: tidak ada artikel bagus terbaru adalah jauh lebih buruk ketimbang ada artikel "terbaru", tapi tertanggal tiga bulan lalu. Situs berisi berita basi lebih mungkin untuk ditinggal pengunjung tetap ketimbang yang secara ajeg (rutin maksudnya) tetap diperbarui. Percayalah saya pernah punya blog seperti itu.

Mengatur Struktur

Ini adalah hal mudah bagi mereka yang sudah mahir. Anda tinggal proses atau ritual yang sama ketika menulis. Cari-cari ide untuk membuat judul yang menarik bagi pembaca. Ambil sedikit kutipan berita-berita terkini yang bisa dikaitkan dengan tulisan yang sedang Anda garap. Bisa juga memosisikan diri sebagai pembaca dengan bertanya pada diri sendiri soal apa yang ingin dicari. Berikut ini ada 3 tip yang tidak bisa dipertanggungjawabkan mungkin berguna:

* Kehabisan ide untuk artikel baru? Coba dulu googling untuk mendapatkan ide-ide. Masukkan beberapa kata dan lihat hasilnya. Apa sekiranya yang sedang ramai dibicarakan orang?
* Usahakan untuk selalu menempatkan hyperlink untuk mengarahkan pelanggan ke produk-produk yang terkait bila memungkinkan.
* Apakah Anda juga bisa membuat e-book, katalog, atau informasi produk dalam format PDF yang bisa diunduh? Walau mesin pencari tak dapat membaca gambar di dalamnya, tapi teks dalam dokumen PDF bisa terbaca. Masukkan juga beberapa deskripsi atau mungkin meta tag, lalu lihat hasilnya di mesin pencari.

Sumber: SEOCW

4 komentar:

  1. sekedar mengutip dari tulisan yang baru saya submit kemarin:

    "if content is king, the package of the article is the queen, and how you promote your site is the prince.. then, link bait is the sword of the king."

    jika bloggers sudah brpegang pada hal tsb diatas, increasing traffic itu sangat mudah =D

    BalasHapus
  2. tengkiu gan... hehe... akan ane ingat selalu

    BalasHapus
  3. Info menarik... ini yg saya perlukan..

    BalasHapus

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak