08 Desember 2014

- - Beri respon

Daur Ulang Baterai Laptop Buat Sumber Listrik Duafa

Sekelompok ilmuwan di India telah mengembangkan cara untuk mendaur ulang dibuang baterai lithium-ion dari laptop menjadi sumber listrik dan cahaya. Para peneliti di Bangalore ini mengembangkan perangkat prototipe yang dapat digunakan untuk menyediakan cahaya lampu selama berjam-jam buat orang-orang yang tak memiliki akses ke jaringan listrik.
Laptop keren
Baterai laptop lawas bisa dimanfaatkan buat rakyat miskin.
Prototipe itu disebut UrJar, plesetan dari kata Hindi untuk energi (urja) dan kotak (jar). UrJar memiliki komponen baterai yang bisa diisi ulang dari buah baterai laptop bekas. Hasilnya, sumber energi murah ini cukup untuk menghidupkan bohlam LED, mengisi baterai ponsel, dan bahkan kipas angin.

"Komponen paling mahal dalam sistem ini seringkali baterai," jelas Vikas Chandan, salah satu peneliti yang bekerja untuk IBM. "Dalam konteks ini, bagian paling mahal dari solusi penyimpanan energi Anda datang dari sampah."

Para peneliti memperkirakan bahwa tiap UrJar dapat diproduksi hanya dengan 600 rupee atau sekitar 10 ribu rupiah. Mereka telah menguji prototipe tersebut dengan liga pengguna di daerah kumuh India, empat di antaranya menggunakannya buat menerangi lapak di pinggir jalan tempat mereka bekerja. Hasilnya, para pengguna mengatakan bahwa mereka bersedia membayar sekitar 16 ribu rupiah untuk produk daur ulang ini.

via: PopSci

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak