04 Desember 2013

- - Beri respon

Makanan Anda Memengaruhi DNA

Anda adalah apa yang Anda makan. Pepatah ini terbukti! Penelitian di Universitas Nanjing menemukan bahwa rantai RNA dari sayuran yang kita makan akan masuk ke dalam aliran darah kita, sehingga otomatis turut memengaruhi struktur gen begitu mereka masuk ke dalam tubuh.


Namanya MicroRNAs atau mRNA (dari DNA). Ini adalah rantai RNA kecil yang secara selektif mengikat diri dengan rantai mRNA yang cocok yang kemudian mengakibatkan represi pada gen-gen yang ditempelinya. Peran mereka baru dipahami sedikit dan dalam dekade terakhir saja. Kendati begitu, saat ini diyakini bahwa mRNA untuk mengambil bagian dalam sejumlah besar proses, baik pada tumbuhan maupun hewan.

Adalah Chen-Yu Zhang bersama rekan-rekannya, yang menemukan adanya rantai mRNA tanaman dalam jaringan hewan yang memakan tanaman tersebut. Salah satunya disebut MIR168a, yaitu yang ada dalam beras dan ternyata juga banyak ditemukan dalam darah orang Cina yang menjadi relawan eksperimen. Dalam percobaan tersebut MIR168a menunjukkan kemampuan memengaruhi ekspresi gen pada tikus, yaitu menghambat hati menyaring LDL, lipoprotein yang juga dikenal sebagai "kolesterol jahat."

Temuan ini menunjukkan adanya mekanisme yang sama sekali baru pada interaksi fisiologis, yang kemungkinan memiliki aplikasi medis signifikan termasuk menjelaskan proses yang selama ini kurang dipahami (Zhang memberi contoh obat herbal Cina). MicroRNA juga digunakan dalam rekayasa genetika tanaman, yakni sebagai metode interferensi RNA.

Sumber: PopSci

0 Komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan baik Anda puas maupun tidak. Saya juga tidak keberatan pengunjung meninggalkan komentar dengan tautan balik (backlink) sepanjang komentarnya cukup relevan, tidak terlalu promosi atau jualan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak