28 Februari 2018

- -

7 Bencana Banjir Sejak Awal 2018 Sebelum Jakarta

Setelah dua hari hujan deras mengguyur wilayah Jabodetabek, (Senin, 5/2/2018) lalu beberapa wilayah dilaporkan telah terkena dampak buruknya, banjir. Wilayah Bogor juga sampai kebanjiran, selain ada tanah longsor. Selain itu, sedikitnya empat kecamatan di Jakarta Tiimur mulai terendam banjir.




Banjir tak hanya melanda Jakarta. Sejak awal Januari 2018, ada cukup banyak kota di berbagai negara yang juga terkena banjir. Cuaca ekstrem sepanjang Januari dan awal bulan ini telah menggenangkan tempat-tempat ini.

Di mana saja banjirnya? Sedikitnya ada 7 kejadian berbeda:

Singapura

Pada 8 Januari 2018, thestar.com.my melansir berita banjir yang melanda Singapura.

Beberapa daerah terkena dampak genangan seperti di Tampines Road, Changi Road, Jalan Nipah, Tanjong Katong Road, Eunos Road 8, Arumugam Road, dan beberapa tempat lainnya.

Amerika Serikat

Sehari setelah di Singapura, hujan disertai topan menumpahkan air, yang menurut reviewjournal.com setara setengah jumlah hujan di lembah Las Vegas Valley dalam setahun.

Menurut lembaga cuaca setempat, mekor musim basah di daerah gurun itu tahun ini mirip dengan kejadian pada 1937.

Guatemala

Sejak 29 Januari 2018, daerah Puerto Barrios, Izabal, Guatemala diguyur hujan dengan debit 142,4 mm selama 24. Badan cuaca setempat juga mencatat curah hujan ekstrem tiga hari sebelumnya.

Hujan tersebut mengakibatkan beberapa wilayah terkena tanah longsor. Menurut laporan floodlist.com, sekurangnya 11.332 orang terkena dampak bencana tanah longsor, sedangkan 2.188 lainnya menjadi korban banjir.

Australia

Wilayah utara Australia juga mencatatkan banjir di wilayah Kimberley di negara bagian Western Australia (WA), sungai Daly, dan Northern Territory (NT). 300 telah dievakuasi.

Menurut floodlist.com, di beberapa tempat mencatat debit air setinggi 700 mm selama Januari.

Selandia Baru

Setelah menghantam Kaledonia baru, menurut laporan floodlist.com, sisa-sia Siklon Fehi menyebabkan hujan lebat disertai angin di wilayah selatan Selandia baru sejak 31 Januari 2018.

Ribuan rumah kehilangan akses listrik. Dua wilayah yang dinyatakan darurat oleh pemerintah setempat adalah Buller dan Dunedin.

Bolivia

Hujan deras membasahi wilayah selatan Bolivia pada 2 Januari 2018. Pemerintah setempat mengumumkan keadaan darurat di provinsi Gran Chaco.

Beberapa area di sekitar Yacuiba, Camiri, dan Villamontes tergenang. Menurut laporan floodlist.com, 50.000 orang terkena dampak banjir besar tersebut.

Malawi

Menurut laporan Malawi24.com, banjir telah melanda wilayah utara negara itu. Sedikitnya satu orang dinyatakan meninggal dunia, sedangkan beberapa keluarga terpaksa mengungsi.

Banjir mendatangi distrik Karonga di wilayah utara Malawi. Selain sejumlah rumah mengalami kerusakan, ada ancaman gagal panen juga.

Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak