27 November 2012

- -

5 fakta tentang Mobil yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Buat Anda yang merasa sudah tahu banyak tentang mobil, mungkin pengetahuan Anda akan lebih lengkap dengan membaca fakta-fakta berikut ini. Inilah 5 fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang mobil. Walau mungkin tak terlalu penting, setidaknya Anda bisa pamer pengetahuan non-mainstream berikut ini:

Mobil Tua
  1. Raja George III dari Inggris Pada 1760 punya sekitar 30 kuda di kandang Royal Mews London. Jaman sekarang mobil kecil punya 150 tenaga kuda. Jadi, warga urban jaman sekarang bisa bepergian 5x lebih cepat dari sang raja.
  2. Mengingat definisi tenaga kuda (daya yang diperlukan untuk mengangkat 15 ton dengan satu kaki dalam satu menit) kuda betulan ternyata hanya punya sekitar 0,7 tenaga kuda.
  3. Kematian pertama akibat berkendara dengan mobil yang didokumentasikan di Amerika Serikat adalah HH Bliss, orang warga New York, yang ditabrak taksi listrik pada 13 September 1899, ketika turun dari mobil troli.
  4. Tingkat keselamatan pengendara mobil naik drastis sejak era awal industri mobil. Faktor utama datang dari sabuk pengaman. Di negara-negara maju 84 persen pengemudi dan penumpang memakai sabuk pengaman.
  5. Indonesia bisa membuat mobil murah seharga 30 juta rupiah. Arina Motors Development di Semarang, Jawa Tengah, berencana membuat mobil mungil. Keberadaan mobil ini didukung Pemda Jawa Tengah dan telah dipamerkan di ajang PPI 2009. Sayangya, sampai 2012 belum juga terlihat di jalan-jalan.
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak