06 September 2011

- -

Motor Elektrik Terkecil di Dunia Tak Sampai Sehelai Rambut!

Seberapa kecil motor listrik terkecil di dunia? Setidaknya menurut Guinness World Records, besarnya 200 nanometer. Begitulah, motor mikro tersebut besarnya tak sampai sehelai rambut manusia (60.000 nanometer)! Tapi sekarang rekor itu sudah pecah.


Adalah kimiawan di Universitas Tufts yang telah mengembangkan motor elektrik molekul tunggal pertama di dunia, suatu perkembangan yang berpotensi menciptakan jenis-jenis perangkat baru yang dapat diaplikasikan mulai dari obat hingga permesinan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan online pada 4 September lalu di forum Nature Nanotechnology, tim Tufts melaporkan penemuan mereka berupa motor elektrik yang panjangnya tak sampai 1 nanometer. Karya ini memecahkan rekor dunia saat ini, yaitu 200 nanometer.

Menurut Charles H. E. Sykes, Ph.D., seorang profesor kimia di Tufts dan penulis senior, tim pimpinannya itu berencana untuk menyerahkan hasil tersebut kepada Guinness World Records.

Tim peneliti tersebut menggunakan ujung logam pada mikroskop untuk memberi muatan listrik ke molekul metil butil sulfida, yang telah ditempatkan pada permukaan tembaga konduktif. Molekul ini mengandung sulfur dan memiliki atom karbon serta hidrogen yang memancar berbentuk seperti dua lengan, empat karbon di satu sisi dan satu di sisi lainnya.

Sumber: Science Daily
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak