28 Juli 2011

- -

Konsep Fotografi Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Sebelum Masehi!

Sebuah foto bisa mewakili 1000 kata, katanya. Tapi, pernahkah Anda tahu sejak kapan fotografi dikembangkan? Dan, objek apa yang pertama kali difoto. Ini dia penjelasan ringkasnya.


Fotografi adalah hasil dari kombinasi beberapa penemuan teknis dan oleh beberapa ilmuwan berbeda. Jauh sebelum foto-foto pertama dibuat, Filsuf Cina, Mo Ti, dan matematikawan Yunani, Aristoteles dan Euclid telah menjelaskan konsep alat perekam gambar dengan lubang sebesar jarum di ujungnya, itu sejak abad 5 dan 4 sebelum Masehi.

Pada abad 6 Masehi, Anthemius, matematikawan Bizantium dari Tralles bahkan telah menggunakan semacam kamera obscura dalam percobaannya. Ibnu al-Haytham (Alhazen) (965-1040) juga telah memelajari kamera obscura dan kamera lubang jarum. Albertus Magnus (1193/1206-80) menemukan perak nitrat, sedangkan Georges Fabricius (1516-1571) menemukan klorida perak. Daniel Barbaro menjelaskan konsep diafragma pada 1568. Wilhelm Homberg menggambarkan bagaimana cahaya membuat beberapa bahan kimia menjadi gelap (efek fotokimia) pada 1694.

Nah, kalau bicara foto permanen pertama kali, itu adalah gambar yang dihasilkan pada 1826 oleh Joseph Nicéphore Niépce, seorang penemu Prancis. Sayangnya, foto tersebut telah rusak. Foto-foto karyanya dicetak di piring timah yang dipoles sejenis minyak bumi yang disebut aspal Yudea. Namanya bitumen. Minyak ini  mengeras bila terkena paparan cahaya. Penjelasan lengkapnya silakan baca di sini gan. Berikut ini fotonya:


Pada 1826 Niépce mencipta foto kedua yang diberi judul "Pemandangan dari Jendela di Le Gras".
Beranda - Tentang Berita Pilihan - Kebijakan Privasi - Kontak